Cara membuat kandang tokek sesuai habitat



Meskipun Tokek adalah jenis reptil yang paling mudah untuk diurus, masih sangat penting bahwa Anda membuat habitat mereka dengan benar. Kandang tokek harus memenuhi persyaratan sesuai habitat jika Anda ingin menjaga kesehatan secara keseluruhan supaya tidak mudah stres dan cepat besar. Tips berikut akan membantu Anda memberikan tokek dengan sehat sesuai dengan tempat tinggal atau habitatnya.

  1. Lampu Dop atau Lampu ultraviolet atau lampu keramik pemanas
  2. Tutup Bagian atas (dari kawat)
  3. Thermometers (Pengukur suhu ruangan) dan hygrometer (Alat ukur Kelembaban)
  4. Tanaman
  5. Wadah tertutup(daun,dll) dengan satu lubang
  6. Tempat untuk makanan tokek(air/ulat/dll)
  7. Dasar kandang diberi daun kering atau potongan2 kertas atau rumput buatan
  8. Tangki Pemanas jika diperlukan untuk menjaga suhu yang tepat
  9. Tempat persembunyian (setidaknya satu per ekor)

Tanaman
Item yang Anda masukkan ke dalam kandang tokek akan membantu untuk membuat lingkungan hidup sebagai alam mungkin, dan semakin banyak tanaman, semakin Anda akan mendorong Anda alami tokek perilaku. Hal-hal seperti batu dan kayu akan menciptakan ruang hidup alam serta memberinya tempat untuk memanjat dan olahraga. Hidup atau buatan tanaman dapat digunakan untuk menyediakan lebih banyak wilayah bersembunyi dan merasa lebih alami, tetapi mereka tidak diperlukan. Jika anda ingin menggunakan tanaman hidup, anda harus memilih dengan hati-hati - dengan meneliti tanaman. Beberapa tanaman dapat menjadi racun untuk reptil.

Kebutuhan tokek dalam kandang mencakup tiga hal: memanjat, aktivitas, dan berjemur. Menyembunyikan wadah terdiri dari menyembunyikan kotak, tumpang tindih batu, pot tanah liat terbalik dan bagian kulit melengkung, dan tempat penampungan lain yang memasok tokek Anda dengan tempat untuk tidur, dan menyembunyikan diri. Harus ada setidaknya dua daerah bersembunyi.

Kegiatan daerah tempat terbuka gecko Anda dapat memanjat, olahraga, atau hanya bergerak di sekitar. Anda dapat menempatkan halus batu dan kayu di daerah ini untuk memfasilitasi mendaki.

Daerah berjemur dapat menjadi datar, halus batu atau kayu di bawah cahaya, dan harus ada setidaknya satu tempat per gecko. Semakin banyak tokek yang Anda miliki, semakin banyak tempat berjemur Anda perlu.

Ketika membuat area di atas, ada beberapa bahan yang Anda tidak boleh menggunakan. Hindari menggunakan batu tajam atau kasar, karena dapat melukai kulit mereka.

Kebersihan
Menjaga Leopard Gecko's habitat bersih adalah bagian penting mempertahankan habitat yang sehat.

Tugas sehari-hari termasuk:
  • Buang limbah, puing, serangga mati, dan kulit mati.
  • Angkat dan membersihkan objek yang memiliki kotoran pada mereka.
  • Bersihkan dan disinfeksi mangkuk air.
  • Angkat dan mengganti wadah yg telah kotor.
Mingguan tugas meliputi:
  • Bersihkan dan disinfeksi kandang secara menyeluruh.
  • Bersihkan dan disinfeksi interior dekorasi barang-barang seperti, makan dan pengairan item, dan item lainnya dalam terarium.
  • Ganti wadah yg telah kotor.

Hindari menggunakan pembersih yang mengandung aroma pinus, karena ini beracun bagi tokek.
tokek aktif di malam hari, waktu terbaik untuk membersihkan kandang adalah pada senja atau saat pagi hari. Ini akan mencegah Anda dari mengganggu siklus tidur alami mereka dan menyebabkan tekanan yang tidak perlu.

Tokek jantan secara alami sangat teritorial, sehingga Anda hanya dapat memiliki satu jantan per kandang. Betina dapat teritorial juga, tetapi tidak yang biasa seperti pada jantan. Jika Anda berencana membuat kandang untuk beberapa tokek, pastikan untuk membeli beberapa betina atau beberapa betina dan satu laki-laki. Selalu mengawasi mereka tanda-tanda territoriality dan agresi, dan mendirikan habitat sedemikian rupa sehingga menyediakan beberapa kegiatan bersembunyi dan daerah. Karena beberapa tokek perumahan membutuhkan lebih banyak ruang.

Air
Hindari wadah mangkuk karena dapat membatasi gerak tokek saat mengambil air minum atau menenggelamkan serangga yg anda berikan untuk makanan tokek .

Selamat Memelihara Tokek !!!

http://ndoxxx.blogspot.com/2009/12/cara-membuat-kandang-tokek-sesuai.html