Melatih Ayam Serama Berdiri Tegak



Melatih Ayam  Serama agar berdiri tegak ada banyak cara, mulai yang ekstrem sampai dengan “normal” tergantung sama si empunya Ayam Serama.


Yang saya lakukan disini adalah bagian yang normal saja, karena nggak tega pakai yang cara ekstrem. Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan :

Pemijatan atau Perenggangan

Bertujuan untuk melemaskan otot-otot pada Ayam Serama agar tidak kaku, pertama-tama pegang kaki Ayam Serama menyatu bersama ekor dengan tangan kiri, kemudian tangan kanan memegang kedua sayap bergerak kearah depan kepala, Tahan gerakan sayap tadi selama 3-5 menit lepaskan lalu ulangi kembali dengan posisi tangan kiri tetap menahan kaki dan ekor Ayam Serama. Lakukan peregangan ini dengan perasaan jangan sampai Ayam Serama mengalami kesakitan saat sayap di gerakkan ke arah depan.

Pijat bagian Dada

Bertujuan untuk membentuk dada pada Ayam Serama agar dapat membusung secara optimal. Caranya letakkan Ayam Serama pada permukaan meja dan pastikan kaki berdiri sempurna. Kedua jempol kita menahan tulang ekor ke atas, kedua jari kelingking menahan di belakang kaki, 3 jari sisanya tepat di dada Ayam Serama (seperti dalam gambar) melakukan gerakan ke atas dan tahan, jari telunjuk kiri dan kanan ( tanda panah ) melakukan gerakan mengetuk lembut pada dada Ayam Serama secara bergantian.

Sangkar Kawat

Tempatkan Ayam  Serama pada sangkar kawat dengan tutup setinggi leher, agar Ayam Serama selalu mendongakkan kepalanya jika melihat keluar, tempat kan dari pagi hingga sore hari. Demikian juga pada kandang, tempatkan wadah pakan dan minum juga setinggi leher Ayam Serama.

Demikian tips kilat dari saya semoga bermanfaat, jika ada kesalahan dalam penulisan mohon dimaafkan, dan bila pembaca mempunyai tips yang lain bermanfaat bagi seramania silahkan kirim artikel Anda ke email : dutalawang@gmail.com